Pages

14 April 2013

biografi singkat Shalahuddin al-Ayyubi





BIOGRAFI SINGKAT SHALAHUDDIN AL-AYYUBI | NASAB DAN KELAHIRANNYA.

            Shalahuddin al-ayyubi bernasabkan dari sebuah keluarga yang mulia dan terpandang, dari bangsa Kurdi. Keluarga ini menguasai Mesi dan Syam, di kenal dengan Daulah Ayubiyah. Ia terhitung sebagai nasab yang paling mulia dari kabilah-kabilah Kurdi.
            Beliau bernama lengkap Shalahuddin Yusuf ibn Ayub, lahir pada tahun 532 H/1137 M. Lahir di Tirkit, sebuah kota yang dekat dengan Baghdad. Namun shalahuddin menghabiskan masa kecilnya di Ba’labak dengan membaca, menulis dan menghafal al-qur’an yang ia jalani sehari-harinya. Beliau juga belajar ilmu Nahwu seperti halnya putra-putra para pembesar.
            Penulis kitab Thabaqat as-Syafi’iyyah mengatakan bahwa “ Shalahuddin mendengarkan hadist dari al-Hafiz Abu Thahir as-Salafi, Abu Thahir Ibn Auf, Syhekh Qutbuddin an-Naisaburi, Abdullan ibn Bari an-Nahwi, dan Jamaah.
            Beliau mempunyai keahlian dalam bidang berperang dan politik. Terbukti pada saat Yaman saling bertikai dan berakibat terpedahnya islamiyah, ketika kelompok Hamdaniyah di Shan’a dan Najahiyah di Zabid  saling bertikai memperebutkan kekuasaan. Di mana terjadi penyembelihan di berbagai tempat. Shalahuddin sangat sedih tingkah kaum muslimin yang seperti itu, saling membunuh dan saling memperdaya antara satu dengan lainnya.
            Oleh karenanya, Shalahuddin mengirim saudaranya yang bernama Turan Syah ke Yaman. Beberapa saaat berjalan, Turan Syah berhasil menaklukan perbatasan Zabid, dan benteng yang lain.
            Sebagian ahli sejarah menyebutkan bahwa Turan Syah mampu menaklukan lebih dari 80 benteng dan kota di negeri Yaman. Maka wajar saja jika para warga gembira dengan hal ini, wajar saja jika penduduk Yaman mempermudah jalan bagi Turan Syah untuk menaklukan benteng-benteng yang lain demi menjaga tertumpahnya darah kaum Muslim.
            Dan pada tahun yang sama ( 569 H ), shalahuddin berhasil menaklukan Tharabalusa dan bagian timur dari wilayah Tunisia.
            Dari berbagai penelitian, muncullah sifat-sifat utama Shalahuddin al-Ayyubi. Yang di antaranya adalah.  Takwa dalam ibadahnya, keadilan dan kasih-sayangnya, serta sifat keberanian dan kesabaran yang ada dalam jiwanya.
            Begitulah biografi singkat dari Shalahuddin al-Ayyubi.
            ( sumber : buku Shalahuddin al-Ayyubi, Helmi Baraja. Studia Press, juni 2006 )
            Semoga bermanfaat, mohon di koreksi jika ada perbedaan jalan pikiran.

1 opmerkings:

  1. Sultan Shalahuddin Al Ayyubi...sosok yang inspiratif, semoga kami bisa mengikuti jejak langkahmu wahai Sultan

    AntwoordVee uit