Pages

14 April 2013

rute menuju pondok pesantren Tremas




RUTE MENUJU PONDOK TREMAS

            Assalamu’aikum...Wr.Wb..
            Segala puji mari kita panjatkan pada tuhan YME serta sholawat dan salam juga kita junjungkan pada beliau nabi Muhammad sang pemimpin zaman.
            Ini adalah awal mula saya mencoba-coba untuk membuat blog, jado mohon maaf jika tulisan saya sedikit tercecer atau kurang rapi. Langsung saja ke judul di atas.
Pondok tremas adalah pondok yang bisa di bilang sangat tuan usianya, sudah lebih dari 1 abad berdiri dengan pemimpin pertamanya yaitu beliau KH Abdul Manan. Tremas adalah tremas, tidak ada nama pesantren asli seperti kebanyakan pesantren. Nama pesantrennya tetap Tremas, menggunakan nama desa, tidak ada embel-embel “nama arab”nya.
Letak pesantren tremas cukup strategis, tidak terlalu pelosok dan tidak terlalu kota, jaraknya sekitar 15 KM dari kabupaten Pacitan.
PENUMPANG BIS.
Bagi kita-kita yang naik bis, untuk ke tremas terpenting harus sampai di terminal kota pacitan terlebih dahulu ( letaknya sebelah selatan kota), setelah itu naik angkot dengan tanda B di depannya, bilang saja turun di tremas lalu beri tarif naiknya seharaga 5.000 rupiah saja.
Bagi kita yang kebetulan sampai terminal pacitan dini hari atau sebelum shubuh, sebaiknya tidak usah terburu-buru atau tidak usah naik ojek. Karena bisa di pastikan tarif naik ojek cukup mahal, sekitar 30.000,- . Lebih baik menunggu sampai sehabis shubuh, lalu angkot ( biasanya angkutannya berupa mobil pribadi L300 yang di plat warna kuning).
Jika terlalu lama menunggu angkot B, naik angkot A juga bisa. Lalu bilang saja turun di jembatan Arjosari, bayar 3,000-4,000. Setelah itu naik angkor lagi, atau naik andong, becak motor. Bisa juga jalan kaki ke arah utara sekitar 1 KM.
DARI ARAH TIMUR
Kalau kebetulan naik bis –Aneka Jaya- dari arah timur, Ponorogo dll. Kita tak usah turun di terminal pacitan, langsung turun saja jembatan Arjosari, setelah itu kita tinggal pilih, mau jalan kaki, ngangkot, ngandong, atau mbecak motor. Banyak jalan menuju tremas.
Untuk ke tremas atau ke pacitan tidak bisa menggunakan moda transportasi kereta api, karena medan yang tidak mendukung untuk perlintasa rel. Jika ada keinginan naik kereta, kita bisa naik kereta lalu turun di Madiun, lalu cari bis jurusan Pacitan. Bisa juga naik kereta dan turun di Solo, setelah itu cari bis saja ke Pacitan.
MOBIL PRIBADI
Bagi kita yang naik mobil pribadi, kita bisa ambil jalan pintas. Dalam artian kita tidak usah melewati jalur biasa atau jalur yang biasa di lewati bus. Jika kita sudah sampai daerah Pacitan, sekitar desa Punung, kita tinggal lihat-lihat plantang atau petunjuk jalan dengan tulisan Sedeng. Kalau sudah ketemu, langsung ikuti arah itu saja. Nanti ketemunya di wilayah pacitan kota, daerah alun-alun.
Kalau sudah sampai di pacitan kota, tinggal cari perempatan besar dengan pos polisi di dekatnya. Setelah itu, ambil lajur kiri, atau ke arah utara. Terus berjalan sekitar 13 KM, sampai di jembatan Arjosari masuk terus, sekitar 1 KM.
Dan.....sampai deh di Tremas.
NB : pondok tremas itu pesantrennya menyatu dengan masyarakat, dengan jalan raya antar desa yang membentang di sekitarnya.

Wassalamu’alaikum...


0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking