Sondag 14 April 2013

sebab-sebab perang salib





SEBAB-SEBAB PERANG SALIB | DAN HAKIKATNYA

            Perang Salin adalah istilah dari angkatan-angkatan perang Eropa Masehi, yang berlangsung kurang lebih dua abad, dengan tujuan merebut Baitul Maqdis dari tangan kaum muslim.
            Sebab-sebab perang  Salib.
            Banyak sekali sebab atau faktor yang membuat terjadinya perang Salib. Di antaranya adalah.
a.     Kedengkian besar dari kaum Salib terhadap Islam dan muslimin karena beralihnya Baitul Maqdis ke tangan Muslimin, juga karena ekspansi Islam yang begitu luas, bahkan sampai kawasan Asia, Afrika, dan Eropa yang sebelumnya berada di bawah kekuasaan Nasrani.
b.     Adanya ancaman yang mengkhawatirkan dari pihak Saljuk Muslim yang hendak merebut kembali Konstantinopel dari kaum Masehi.
c.      Orang-orang Nasrani yang melakukan haji ke Baitul Maqdis banyak yang melakukan kebohongan dengan menyebarkan cerita dusta tentang kaum Mislimin yang suka berbuat Zhalim dan sewenang-wenang pada kaum Nasrani yang melakukan haji. Di antara yang paling sering menyebarkan fitnah adalah seorang pendeta Perancis yang bernama Peters Amien ( Peters yang saleh ).
d.     Semangat keagamaan, yaitu keinginan kuat untuk merebut Baitul Maqdis dari tangan kaum Muslimin, serta untuk mendapatkan ampunan segala dosa dengan mengikuti perang Salib yang suci. Sebagaimana yang di propogandakan oleh para pendeta khususnya Paus Urbanus II dan Peters Amien yang selalu membangkitkan rasa benci kaum Nasrani terhadap kaum Muslimin.
e.     Condongya pembesar-pembesr Fatimiyah mengadakan perjanjian dengan Byzantium Masehi untuk meminta bantuan guna merebut kembali kekuasaan-kekuasaan mereka yang telahi di rebut Bani Saljuk.
            “ perang salib bukanlah hanya sekedar merebut satu kota semata-mata, melainkan wilayah-wilayah Asia keseluruhannya beserta kekayaan dan simpanan-simpanan hartanya yang tidak terhitung tinggu jumlahnya” ( Paus Urbanus II ).

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking